Kamis, 21 Mei 2015

Pentingnya Motivasi Bagi Mahasiswa


Dalam kehidupan, motivasi akan selalu di butuhkan oleh manusia dalam melakukan berbagai macam tindakan. Untuk itu motivasi harus mendapatkan pemenuhan yang seimbang demi keberlangsungan hidup manusia. Hal itulah yang menyebabkan motivasi selalu menarik untuk di kaji dan dan di teliti guna pengembangan diri manusia kearah yang lebih baik.
Menurut anda seberapa penting motivasi dalam kehidupan manusia? Coba anda pikirkan dan bayangkan apa jadinya bila pelajar atau mahasiswa tidak memiliki motivasi untuk belajar? Apa jadinya bila seorang guru tidak memiliki motivasi dalam mengajar? Apa jadinya jika seorang usahawan tidak memiliki motivasi berkarya? Apa jadinya jika seorang ayah tidak memiliki motivasi untuk membahagiakan anggota keluarga? Dan apa jadinya jika diri anda sendiri tidak punya motivasi? 

Di bawah ini adalah beberapa alasan kenapa kita membutuhkan motivasi.
  1. Setaip manusia pasti pernah mengalami kejenuhan saat melakukan aktivitas atau pekerjaan. Terlebih bagi orang-orang yang melakukan rutinitas sehari-hari secara monoton. Saat kejenuhan itu melanda, maka kita akan merasa tidak ada semangat untuk melukan aktivitas secara maksimal. Hal ini jika di biarkan akan berdampak buruk pada kualitas kerja yang di hasilkan. Karena itulah motivasi  sangat kita perlukan.
  2. Banyak orang yang ketika memulai sebuah pekerjaan, mereka merasa ragu dengan kemampuan yang mereka miliki. Keraguan itu muncul karena kita takut tidak bisa mengerjakan apa yang kita kerjakan secara maksimal. Ketika kita dalam keraguan ini, maka kita memerlukan motivasi yang akan mendorong diri kita bahwa kita mampu dan kita bisa melakukannya.
  3. Hidup ini bagaikan medan perang. Setiap saat kita harus berperang dengan diri sendiri, perang dengan orang lain dan perang dengan keadaan. Hidup itu tidak seindah yang kita bayangkan, karena akan banyak sekali rintangan dan masalah yang akan menghadang. Ketika masalah yang kita hadapi sangat berat, maka tidak jarang kita akan menjadi lemah dan terkadang menyerah dengan keadaan. Pada saat seperti inilah kita membutuhkan motivasi yang akan menuntun kita menata kembali puing-puing kehidupan, sehingga kita mampu kembali untuk melakukan peperangan.
Motivasi ada dua jenis yaitu motivasi diri dan motivasi dari luar. Perlu di ketahui bahwa kedua sifat motivasi ini sangat berbeda. Motivasi dari luar bersifat sementara dan lebih mudah hilang, sedangkan motivasi dari daam atau motivasi diri lebih bersifat tahan lama karena muncul dari dalam diri orang yang bersangkutan. Jadi alangkah baiknya bila seseorang lebih mengutamakan motivasi diri dari pada motivasi dari luar. Tidak selamanya seseorang harus bergantung pada orang lain untuk memotivasi diri kita. Untuk itulah lebih baik kita mendongkrak motivasi diri kita, untuk menjalankan semua aktivitas yang kita jalani.
Motivasi diri adalah salah satu faktor utama penunjang keberhasilan, termasuk dalam kuliah. Jika di ibaratkan kendaraan motivasi adalah bahan bakar yang berfungsi untuk menjalankan kendaraan. Sama halnya dalam mnejalani kuliah, motivasi adalah daya dorong yang akan membakar semanagat mahasiswa untuk melakukan aktivitas positif demi tercapainya tujuan yang telah di tetapkan

2 komentar:

  1. motivasi sangat berguna bagi mahasiswa..apabila motivasi belajar padam dapat dipastikan mahasiswa tsb akan lama lulusnya atau bahkan drop out. kunjungi web frans

    BalasHapus
  2. semua manusia mempunyai motivasi sendirinya dalam hal yang dia mengerti atau hal yang dia bisa lalukan.!!


    Terima kasih share nya.!

    mohon kunjungannya ya.
    http://agungherbaltop.blogspot.com/2015/06/obat-tradisional-atasi-radang-sendi.html

    BalasHapus

Silahkan memberikan komentar yang sesuai dengan artikel. Komentar yang tidak sesuai dengan artikel akan langsung kami hapus